1 Dhu-al-Qi'dah 1438 | En | FrDe | Tr
Pencarian Terperinci
Akidah Masyarakat dan Keluarga Muamalah Akhlak Jinayah Permasalahan Umum Masalah Kontemporer Ibadah

Hak-hak Janda

Memperhatikan permohonan fatwa No. 103 yang berisi:

    Suami saya telah meninggal dunia. Ketika masih hidup, dia menuliskan daftar barang-barang rumah tangga untuk saya yang di dalamnya terdapat beberapa gram emas yang belum diberikan kepada saya. Pertanyaannya adalah bagaimana hukum emas itu; apakah dihitung berdasarkan nilainya saat ini ataukah pada waktu pemberian? Apa hukum mahar yang belum dibayarkan? Dan apa pula hukum perabot rumah tangga?
 

Jawaban : Dewan Fatwa

    Mahar yang belum terbayarkan dihitung sebagai hutang suami kepada istrinya yang harus dipenuhi. Hutang ini dianggap jatuh tempo dengan terjadinya salah satu dari dua hal, yaitu terjadinya talak atau wafatnya salah satu pasangan tersebut. Seorang istri berhak mendapatkan seluruh perabot rumah tangga, termasuk barang-barang elektronik, namun tidak termasuk di dalamnya barang-barang pribadi milik suami, seperti buku-bukunya, pakaiannya, senjatanya (jika ia memiliki senjata) dan lain sebagainya. Semua barang pemberian untuk istri tersebut disisihkan terlebih dahulu sebelum pembagian harta warisan kepada seluruh ahli waris. Allah berfirman,

"(Pembagian-pembagian tersebut di atas) sesudah dipenuhi wasiat yang ia buat atau (dan) sesudah dibayar hutangnya." (An-Nisâ`: 11).

    Barang-barang tersebut bisa merupakan hutang suami kepada istrinya atau memang merupakan barang milik istrinya. Selain mengambil haknya tersebut, istri juga berhak untuk mendapatkan bagian warisan dari suaminya yang meninggal dunia sebagaimana yang ditetapkan dalam syariat Islam. Oleh karena itu, emas yang termasuk dalam pemberian di luar mahar adalah hutang suami yang harus dibayarkan kepada istrinya.

    Dengan demikian, berdasarkan pertanyaan di atas, Anda berhak mendapatkan semua mahar yang belum dibayarkan oleh suami Anda. Anda juga berhak untuk memperoleh semua perabot rumah tangga kecuali yang disebutkan di atas. Di samping itu Anda juga berhak mendapatkan kadar emas yang dituliskan oleh suami Anda dalam daftar di atas, atau nilainya sesuai dengan harga emas saat ini, bukan nilainya ketika penulisan daftar tersebut.

Wallahu subhânahu wa ta'âlâ a'lam.

Home Tentang Kami Kirim Pertanyaan Peta Situs Kritik dan Saran Hubungi Kami