28 Muharram 1439 | En | FrDe
Pencarian Terperinci
Akidah Masyarakat dan Keluarga Muamalah Akhlak Jinayah Permasalahan Umum Masalah Kontemporer Ibadah

Ragu Mengenai Niat dalam Talak Gantung

Memperhatikan permohonan fatwa No. 1170 tahun 2006 yang berisi:

    Saya pernah berkata kepada istri saya, "Saya bersumpah demi Allah, setiap kebohonganmu terhadapku adalah satu cerai dariku jika saya ingat sumpah ini." Ketika mengatakan hal itu, saya sama sekali tidak mempunyai niat tertentu. Saya tidak tahu apakah sumpah itu hanya untuk mencegahnya berdusta lagi ataukah untuk mencerainya jika ia berbohong. Sumpah saya ini adalah sebagai reaksi spontan terhadap sikapnya yang menolak untuk bersumpah tidak akan berbohong lagi. Mohon penjelasan tentang masalah saya ini.

Jawaban : Dewan Fatwa

    Dalam masalah ini, pendapat ulama yang dipilih untuk fatwa dan keputusan pengadilan adalah talak yang digantungkan pada sesuatu dianggap jatuh jika sesuatu itu terjadi, dengan syarat adanya niat untuk mencerai istri dengan sumpah itu. 

    Dengan demikian, berdasarkan pertanyaan di atas, karena penanya tidak tahu pasti tentang niatnya ketika mengucapkan sumpah yang dikaitkan dengan talak itu, maka keraguan ada tidaknya niat itu membuat talak tersebut dianggap tidak jatuh. Karena, sebagaimana dijelaskan dalam kaidah fikih: al-ashlu 'adam (secara hukum dasar, sesuatu dianggap tidak ada), al-ashlu baqâ`u mâ kâna 'alâ mâ kâna (secara hukum dasar, suatu hal dihukumi sesuai dengan kondisi awalnya) dan al-yaqînu lâ yazûlu bisy-syak (keyakinan tidak dapat hilang karena keraguan). Dalam masalah ini, hal yang dianggap pasti (keyakinan) adalah terus berlangsungnya hubungan suami-istri yang telah terjalin sebelum terjadinya talak gantung ini. Sedangkan hal yang meragukan adalah hilangnya ikatan ini karena talak yang digantungkan pada terjadinya kebohongan dari istri. Namun, karena sumpah ini tidak diketahui niatnya, maka seandainya istrinya itupun berdusta kembali maka talak itu tetap dianggap tidak jatuh.

Wallahu subhânahu wa ta'âlâ a'lam.

Home Tentang Kami Kirim Pertanyaan Peta Situs Kritik dan Saran Hubungi Kami